Kamis, 19 Januari 2012

Nyontek...,,,Baik/Buruk...???

Oleh: M.Helmi Hariadi-Koordinator Bidang Litbang & Data Badko TKA-TPA Rayon Gondokusuman-Yogyakarta
(Dapat juga diakses melalui www.hariadimedia.blogspot.com)


Menyontek merupakan suatu kebiasaan yang sering kita lihat dalam kehidupan sehari-hari, terutama dalam dunia pendidikan. Hampir disetiap evaluasi yang dilakukan oleh Bapak/ Ibu guru atau Bapak/ Ibu dosen selalu ditemukan keganjilan tersebut.
Apakah Indonesia negeri yang membudidayakan NYONTEK dalam dunia pendidikannya..??? Tentunya sebagai Bangsa yang berbudaya kita akan menjawab tidak, tetapi pernahkah kita berfikir untuk menjaga nama baik bangsa ini agar dikatakan berbudaya oleh orang lain. Budaya nyontek memang hal sepele, tetapi tahukah Anda apa efek yang ditimbulkan oleh nyontek.
Menurut pemikiran saya, menyontek setidaknya merugikan kita stidaknya dalam hal-hal sebagai berikut :
  1. Hilangnya rasa percaya diri, ini akan menimbulkan generasi yang tidak kreatif karena selalu tidak memiliki rasa percaya diri.
  2. Munculnya generasi manja, generasi manja tentunya akan menghancurkan harapan-harapan para pendiri bangsa yang kita kenal mandiri. Kalau dari kecil sudah terdidik manja, maka generasi ini akan selalu tergantung dengan bangsa lain. Dari sinilah orang-orang luar yang ingin merusak menjalankan aksinya untuk mempermainkan bangsa kita.
  3. Yang paling parah, mental nyontek kalau dibawa-bawa ke urusan uang, maka bukan tidak mungkin hal itu juga akan menyebabkan orang akan tergoda melakukan tindakan yang merugikan kepentingan umum. Mengapa saya katakan demikian, jika telah tidak memiliki rasa malu melakukan nyontek, siap-siap saja orang-orang yang bermental seperti itu bukan tidak mungkin akan melakukan hal yang setipe dengan perbuatan tersebut untuk skala yang lebih besar.
Oleh karena itu, perlulah penanaman pemahaman sejak awal kepada generasi bangsa yang hanya memperhatikan hasil akhir. Yang terpenting bagi kita untuk sementara ini adalah bagaimana cara mencapai hasil yang memuaskan dengan jalan yang disebut baik oleh semua orang. Jika sudah memiliki proses yang baik, maka insyaAllah hasilnya akan baik pula.
Yang dibutuhkan negeri ini adalah generasi yang dapat membawa nama baiknya disetiap sisi kejadian. Dan generasi yang dimaksud adalah generasi yang jujur, agar bisa menggantikan orang-orang yang tidak jujur, generasi yang mandiri yang dapat menggantikan orang yang manja, dan generasi yang selalu mengutamakan kepentingan umum diatas kepentingan pribadi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar